Visi dan Misi

Visi Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan adalah menjadi lembaga pendidikan, penelitian dan pengembangan dalam bidang Rekayasa Sipil, Lingkungan, dan Kelautan yang unggul, handal dan bermartabat, berdedikasi pada pembangunan bangsa dan negara, serta terpandang di tataran Internasional.

Misi Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan adalah:

  1. Memandu perkembangan dan perubahan yang dilakukan masyarakat melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta pelayanan masyarakat yang inovatif, bermutu dan tanggap terhadap perkembangan global dan tantangan lokal dalam bidang Rekayasa Sipil, Lingkungan, dan Kelautan.
  2. Menyelenggarakan pendidikan program sarjana, magister, dan doktor berbasis penelitian dan pengembangan guna menghasilkan lulusan yang profesional, unggul dan inovatif, serta mempunyai kapasitas kepemimpinan akademik, industri dan nasional yang handal dan bermartabat.
  3. Melaksanakan dan mendukung program penelitian dan pengembangan yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara dan/atau berkontribusi pada pengembangan keilmuan.
  4. Memberikan pelayanan kepakaran dan keilmuan bagi pemerintah, industri serta institusi lainnya secara profesional dan bertanggung jawab.
  5. Berkontribusi dalam program pelayanan dan pengabdian masyarakat secara bertanggungjawab dan berkelanjutan

Tujuan

Sejalan dengan visi dan misi FTSL ITB yang merupakan bagian dari ITB sebagai research based university, merumuskan tujuannya sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dalam perencanaan, perancangan, konstruksi, dan manajemen infrastruktur dan lingkungan binaan melalui penyelenggaraan perkuliahan dan program state of the art untuk mengantisipasi perkembangan ilmu dan teknologi yang cepat dalam rangka memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia di tingkat nasional dan untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing internasional.
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan solusi terhadap permasalahan nasional di dalam perencanaan, perancangan, konstruksi, dan manajemen infrastruktur dan lingkungan binaan melalui penelitian di garis depan pada setiap bidang dalam lingkupnya sebagai bagian dari sebuah universitas riset (ITB).
  3. Melaksanakan peran yang aktif di dalam pembangunan kapasitas publik melalui pendidikan berkelanjutan dan pengabdian kepada masyarakat di dalam perencanaan, perancangan, konstruksi, dan manajemen infrastruktur dan lingkungan binaan.

Sasaran

Usaha yang dilakukan untuk mendapatkan kesempatan/potensi bagi tercapainya hasil/outcomes harus dapat diraih oleh Fakultas sebagai institusi pendidikan sebagaimana juga oleh masyarakat praktisi dan profesional. Sasaran pendidikan di lingkungan FTSL ITB untuk memperoleh manfaat langsung berdasarkan visi dan misi Fakultas adalah:

1. Menjaga status Institut sebagai universitas berbasis riset dalam program pendidikannya, baik di lingkungan regional maupun internasional.
2. Mengembangkan kompetensi lulusan untuk masing-masing jenjang pendidikan, yang didefinisikan dalam bentuk pengetahuan (knowledge), sikap (attitude), dan keahlian (skill) yang harus dimiliki oleh setiap lulusan.
3. Meningkatkan kemampuan sivitas akademik secara akademik dan profesional melalui:

  • Program pendidikan tingkat Sarjana, Magister, dan Doktor.
  • Melakukan kegiatan riset yang menjadi dasar dan motivasi dalam implementasi pendidikan dan kegiatan pengabdian pada masyarakat.
  • Memperluas cakrawala pencapaian akademik sebagaimana pencapaian profesional dengan berpartisipasi dalam seminar, konferensi, workshops, atau kursus-kursus singkat.

4. Meningkatkan kualitas proses pengajaran dan pembelajaran:

  • Melakukan kajian secara berkala isi kurikulum dengan kemajuan teknologi dan sains dari berbagai sumber.
  • Mengusahakan kegiatan pengajaran yang lebih berkualitas dengan pemutahiran bahan perkuliahan – silabus, SAP, bahan-bahan kuliah, tugas, ujian, buku referensi, diktat kuliah – sebagaimana juga disiplin dalam mengajar, keteraturan dalam pelaksanaan pengajaran atau responsi.
  • Mengembangkan teknik mengajar yang kondusif dan dialogis, serta pemberian tugas yang memadai untuk merangsang motivasi belajar mahasiswa.
  • Menjaga kualitas pengajaran yang tepat dari proses pengajaran seperti kombinasi perkuliahan oleh pengajar senior (guru besar) dengan pengajar muda, perkuliahan paralel yang ditugaskan Fakultas.
  • Menggalakkan tenaga pengajar untuk melaksanakan kegiatan tutorial dan tugas dengan pemanfaatan asisten atau tenaga pengajar muda.
  • Melakukan penulisan buku ajar, diktat kuliah bagi mata kuliah yang diasuh.
  • Meningkatkan disiplin dan sistem pemantauan dalam sistem belajar-mengajar, seperti para pengajar sendiri hadir bagi pengawasan saat dilakukan ujian.

5. Pengembangan ilmu dan pencarian solusi permasalahan infrastruktur dan lingkungan binaan yang dihadapi masyarakat.
6. Peningkatan fasilitas pendukung belajar mengajar dan kemampuan pemeliharaan-nya dengan revitalisasi setiap unit kerja secara optimal:

  • Kantor administrasi dan fakultas: fasilitas yang memadai, sistem administrasi yang baik, dan peningkatan kualitas dan kuantitas staf administrasi untuk menunjang kegiatan program pendidikan.
  • Laboratorium: kesempatan bagi pembaharuan atau penambahan peralatan dan fasilitas, pemeliharan, dan staf teknisi pendukung.
  • Perpustakaan: menambah koleksi jumlah jurnal, pembelian buku sesuai kebutuhan, memperluas ruangan perpustakaan, serta menambah fasilitas pendukung seperti rak buku, ruang baca, meja baca, dan digital library.
  • Fasilitas bangunan: meningkatkan dan fasilitas pendidikan, alat pendidikan ajar-mengajar, dan sistem jaringan komunikasi bagi efisiensi operasional program studi.
  • Laboratorium komputasi: menyediakan laboratorium komputasi sebagai bagian dari proses belajar – mengajar untuk pendidikan.

7. Meningkatkan kesejahteraan sumberdaya manusia yang ada di lingkungan FTSL melalui berbagai upaya dan kegiatan yang berbasiskan kinerja.

Sasaran-sasaran tersebut, dijabarkan ke dalam program-program yang terkemas dalam dua program utama yaitu program kelangsungan operasi dan program pengembangan. Kebijakan yang diputuskan adalah bahwa kelangsungan operasi merupakan program rutin yang harus terselenggara dengan baik, peningkatan kualitas setiap tahunnya atau paling tidak sama dengan tahun sebelumnya. FTSL-ITB juga selalu berusaha melaksanakan program pengembangan secara mendasar ke arah yang lebih baik. Program pengembangan ini mensyaratkan adanya perubahan budaya kerja, peningkatan efisiensi, transparansi, akuntabilitas dan profesionalisme kerja di semua komponen. Untuk itu diperlukan komitmen sivitas akademika FTSL guna meningkatkan profesionalisme kerja yang diwujudkan dalam disiplin, tanggung jawab dan semangat tim kerja yang sinergis. Dengan demikian kebijakan/strategi yang diambil di FTSL-ITB dalam menjalankan program pengembangan adalah:

  1. Secara internal, melakukan pemberdayaan staf akademik dan tenaga kependidikan melalui peningkatan profesionalisme kerja yang didasarkan pada kompetensi.
  2. Secara eksternal, membangun link dengan pihak luar agar kompetensi yang dimiliki bermanfaat bagi masyarakat sekaligus untuk memperkuat jejaring institusi.
  3. Pemberdayaan Kelompok Keilmuan/Keahlian (KK) di lingkungan FTSL untuk mendukung dan mempersiapkan ITB menjadi universitas berbasis riset (research based university). Dalam strategi pemberdayaan KK, Eksekutif dan Senat FTSL secara proaktif melakukan upaya penggalangan berbagai gagasan konstruktif melalui rapat-rapat senat maupun pembentukan satgas-satgas terkait.

b a c k